Jenis Layanan

PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur, dan terjangkau perlu dilaksanakan perubahan sistem pelayanan. Perubahan sistem pelayanan tersebut adalah pelayanan yang dilaksanakan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan pengadilan negeri melalui satu pintu.

DASAR HUKUM

Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3239/DJU/SK/HM02.3/11/2019 tentang Perubahan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 77/DJU/SK/HM02.3/2/2018 tentang Pedoman Standar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri. KLIK DISINI

Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 77/DJU/SK/HM02.3/2/2018 tentang Pedoman Standar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri. KLIK DISINI

JENIS – JENIS PELAYANAN PTSP KEPANITERAAN PIDANA

Petugas : Krisyanti

  1. Menerima Penerimaan pelimpahan berkas perkara pidana biasa, singkat, cepat dan ringan/lalu lintas dari Penuntut Umum/Penyidik;
  2. Menerima pendaftaran permohonan praperadilan;
  3. Menerima permohonan perlawanan, banding, kasasi, peninjauan kembali dan grasi;
  4. Menerima permohonan pencabutan perlawanan, banding, kasasi dan peninjauan kembali;
  5. Menerima permohonan izin/persetujuan penggeladahan dan penyerahan izin/ persetujuan penggeledahan yang sudah ditandatangani Ketua Pengadilan;
  6. Menerima permohonan izin/persetujuan pemusnahan barang bukti dan atau pelelangan barang bukti;
  7. Menerima permohonan perpanjangan penahanan dan menyerahkan penetapan perpanjangan penahanan yang sudah ditandatangani Ketua Pengadilan;
  8. Menerima permohonan pembantaran dan menyerahkan persetujuan pembantaran yang sudah ditandatangani Ketua Pengadilan;
  9. Menerima permohonan izin besuk dan menyerahkan izin besuk;
  10. Menerima permohonan izin besuk dan menyerahkan izin berobat bagi terdakwa yang telah ditandatangani ketua pengadilan;
  11. Layanan-layanan lainnya yang berhubungan dengan proses dan informasi penyelesaian perkara pidana;

JENIS – JENIS PELAYANAN PTSP KEPANITERAAN PERDATA

Petugas : Sulastri Sapar, S.H

  1. Menerima perkara gugatan biasa;
  2. Menerima perkara gugatan sederhana;
  3. Menerima pekara perlawanan/bantahan;
  4. Menerima perkara permohonan;
  5. Menerima pendaftaran permohonan banding, kasasi dan peninjauan kembali;
  6. Penerimaan memori/kontra memori banding, kasasi dan peninjauan kembali;
  7. Menerima permohonan sumpah atas ditemukannya bukti baru dalam permohonan peninjauan kembali;
  8. Menerima permohonan pengembalian sisa Panjar biaya perkara;
  9. Menerima Permohonan dan pengambilan turunan putusan;
  10. Menerima Pendaftaran permohonan eksekusi;
  11. Menerima Pendaftaran permohonan konsinyasi;
  12. Menerima Permohonan pengambilan uang hasil eksekusi dan uang konsinyasi;
  13. Permohonan pencabutan gugatan, permohonan, banding, kasasi, peninjauan kembali dan eksekusi;
  14. Layanan – layanan lain yang berhubungan dengan proses dan informasi penyelesaian perkara;

JENISJENIS – JENIS PELAYANAN PTSP KEPANITERAAN HUKUM

Petugas : Herlina

  1. Permohonan waarmaking surat-surat;
  2. Surat permohonan surat keterangan tidak tersangkut perkara pidana dan perdata;
  3. Permohonan surat izin yang sudah ditandatangani ketua pengadilan untuk melaksanakan penelitian dan riset;
  4. Permohonan keterangan data perkara dan turunan putusan perkara yang telah berkekuatan hukum tetap;
  5. Permohonan melaksanakan penelitian dan riset;
  6. Permohonan pendaftaran surat kuasa;
  7. permohonan informasi dan memberikan informasi sesuai surat keputusan ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144;
  8. Permohonan informasi kepada pimpinan atau pegawai tertentu apabila diperlakukan untuk menyediakan informasi yang diminta pemohon;
  9. Informasi jadwal persidangan setiap hari kepada para pihak yang berkepentingan;
  10. Layanan pengaduan/SIWAS-MARI;
  11. Layanan-layanan lain yang berhubungan dengan pelayanan jasa hukum lainnya;

JENIS – JENIS PELAYANAN PTSP SUB BAGIAN UMUM

Petugas : Muhlis, S.H

  1. Melakukan proses surat masuk;
  2. Melakukan proses surat keluar;

JENIS – JENIS PELAYANAN PTSP E-COURT

Petugas : Muh. Husnandar Husain, S.Kom

  1. Membantu proses pendaftaran perkara perdata melalui aplikasi e-court;
    • Gugatan
    • Permohonan
    • Bantahan
    • Gugatan Sederhana
  2. Melakukan verifikasi peryaratan untuk pendaftaran sebagai pengguna lain;
  3. Memberikan bantuan dan infomrasi tentang tata cara E-Court kepada para pihak untuk menggunakan administrasi perkara dan persidangan secara elektonik;
  4. Memberikan bantuan dan informasi tentag layanan-layanan lain yang berhubungan dengan aplikasi e-court;