Tupoksi

 

 

Uraian Tugas

 

KETUA PENGADILAN NEGERI

Uraian tugas:

  1. Memimpin dan bertanggung jawab atas terselenggaranya tugas Pengadilan secara baik dan lancar.
  2. Memutuskan Wakil Ketua Pengadilan Negeri sebagai Ketua BAPERJAKAT.
  3. Memutuskan Wakil Ketua Pengadilan Negeri sebagai Koordinator Pengawas Bidang.
  4. Memutuskan Para Hakim Hakim sebagai Pengawas Bidang tertentu.

Uraian Tugas Bidang Perdata.

  1. Menetapkan / menentukan hari-hari tertentu untuk melakukan persidangan.
  2. Menetapkan Panjar Biaya Perkara.
  3. Dalam hal Pengugat atau Tergugat tidak mampu, Ketua dapat mengizinkan untuk Beracara prodeo.
  4. Membagi hal gugatan kepada Majelis Hakim untuk disidangkan.
  5. Menunjuk Hakim untuk mencatat gugatan atau permohonan secara lisan.
  6. Memerintahkan kepada Jurusita untuk melakukan pemanggilan, agar terhadap Termohon eksekusi dapat dilakukan teguran untuk memenuhi putusan serta merta , putusan ketentuan dan pelaksanaan eksekusi lainnya.
  7. Menetapkan biaya Jurusita dan menetapkan biaya eksekusi.
  8. berwenang menunda eksekusi untuk jangka waktu tertentu dalam hal ada gugatan perlawanan dan berwenang menunda eksekusi dalam hal ada permohonan peninjauan kembali hanya atas perintah Ketua Mahkamah Agung.
  9. Memerintahkan, memimpin, dan mengawasi eksekusi sesuai ketentuan yang berlaku.
  10. Menetapkan :
    • Pelaksanaan lelang.
    • Tempat pelaksanaan lelang.
    • Kantor lelang Negara sebagai Pelaksana lelang.
  11. Melaksanakan putusan serta merta.Dalam hal perkara dimohonkan kasasi wajib izin ke Mahkamah Agung.Memecahkan permohonan kewarganegaraan.
    • Dalam hal perkara dimohonkan kasasi wajib izin ke Mahkamah Agung.
    • Memecahkan permohonan kewarganegaraan.
  12. Melakukan penyumpahan terhadap permohonan kewarganegaraan yang telah memperoleh Surat Keputusan Presiden.
  13. Menyediakan buku khusus untuk anggota Hakim Majelis yang ingin menyatakan berbedaan pendapat dengan kedua anggota Hakim Majelis lainnya dalam memutuskan perkara serta merahasiakannya.
  14. Mengevaluasi laporan mengenai penanganan perkara yang dilakukan Hakim dan Panitera Pengganti, selanjutnya mengirimkan laporan dan hasil evaluasinya secara periodik kepada Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung.
  15. Memberikan izin berdasarkan ketentuan Undang Undang untuk membawa keluar dari ruang Kepaniteraan Daftar, catatan, risalah, berita acara serta berkas perkara.
  16. Meneruskan SEMA, PERMA dan surat-surat dari Mahkamah Agung atau Pengadilan Tinggi yang berkaitan dengan Hukum dan hal kepada para Hakim, Panitera, Wakil Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti dan Jurusita.

 

Uraian Tugas Bidang Pidana.

  1. Membagi hal dengan acara Biasa kepada Majelis Hakim / Hakim untuk disidangkan.
  2. Menanda tangani Penetapan Penahanan, Penetapan perpanjangan penahanan khusus untuk hal yang Ketua majelisnya Ketua Pengadilan Negeri.
  3. Menandatangani Penetapan perpanjangan penahanan.
  4. Membuat data Hakim dan Panitera Pengganti yang bertugas pada hari sidang agar persidangan dapat dimulai tepat waktu.
  5. Memerintahkan Jurusita untuk memberitahukan putusan Verstek kepada penyidik, isi Putusan banding dan isi Putusan Kasasi kepada Terdakwa / Pemohon.
  6. Menyediakan buku khusus untuk anggota Hakim Majelis yang ingin menyatakan berbeda pendapat dengan kedua Hakim Majelis lainnya dalam memutuskan perkara serta merahasiakannya.
  7. Memberikan izin berdasarkan ketentuan UU untuk membawa keluar dari ruangKepaniteraan: daftar, Catatan, risalah, berita acara serta berkas perkara.
  8. Menyerahkan berkas permohonan grasi kepada Hakim untuk diproses
  9. Memutuskan untuk Hakim bertindak selaku Hakim Pengawas dan Pengamat (KIMWASMAT) secara periodik.

 

 

WAKIL KETUA PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas:

BIDANG YUDISIIL.

  1. Pembagian Perkara Perdata Permohonan dan Pidana Singkat / Tindak Pidana Ringan dan Tindak pidana Lalu lintas;
  2. Mengeluarkan Penetapan Penyitan, Pengledahan dan Perpanjangan Penahanan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum dan atau Penyidik;
  3. Mengeluarkan Izin / Penetapan Sita;

BIDANG NON ​​YUDISIIL.

  1. Koordinator tugas-tugas Pengawasan Bidang, Solusi tunggakan Minutasi Hal, pembenahan Arsip Hal In-aktif dan pembenahan Perpustakaan;
  2. Pengawasan Bidang Keuangan, baik keuangan Hal maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (DIPA) Tahun Anggaran perjalan;
  3. Pengawasan Disiplin Pegawai dan Bimbingan terhadap Hakim, Kantor Kepaniteraan dan Kesekretariatan dalam kaitannya dengan kemampuan tehnis yudisiil dan administrasi;
  4. Melaksanakan tugas sebagai Ketua BAPERJAKAT.
  5. Melaksanakan tugas sebagai Ketua Tim Pengawas Absen.
  6. Melaksanakan tugas Ketua apabila Ketua berhalangan

Uraian Tugas Sebagai Hakim:

  1. Membantu pimpinan pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanakan dan pengorganisasiannya.
  2. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan bidang-bidang tertentu yang telah ditentukan dan melaporkan kepada Pimpinan Pengadilan.
  3. Melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan administrasi dan tehnis yustisial, misalnya mengenai pelaksanaan eksekusi serta melaporkan kepada pimpinan Pengadilan secara berkala.
  4. Menetapkan hari sidang.
  5. Menetapkan sita jaminan.
  6. Mengadakan pemeriksaan setempat.
  7. Mengemukaan pendapat dalam musyawarah Majelis.
  8. Menyiapkan konsep putusan secara lengkap untuk diucapkan.menandatangani putusan yang sudah diucapkan dalam persidangan.
  9. Mempelajari dan mendiskusikan secara berkala keputusan / permasalahan hukum yang diterima dari Pengadilan Tinggi / Pengadilan Tinggi.

Uraian Tugas Bidang Perdata.

  1. Menetapkan / menentukan hari-hari tertentu untuk melakukan konferensi.
  2. Menetapkan Panjar Biaya Perkara.
  3. Dalam hal Pengugat atau Tergugat tidak mampu, Ketua dapat mengizinkan untuk Beracara prodeo.
  4. Membagi hal gugatan kepada Majelis Hakim untuk disidangkan.
  5. Menunjuk Hakim untuk mencatat gugatan atau permohonan secara lisan.
  6. Memerintahkan kepada Jurusita untuk melakukan pemanggilan, agar terhadap Termohon eksekusi dapat dilakukan tegoran untuk memenuhi putusan serta merta, putusan ketentuan dan pelaksanaan eksekusi lainnya.
  7. Menetapkan biaya Jurusita dan menetapkan biaya eksekusi.
  8. berwenang menunda eksekusi untuk jangka waktu tertentu dalam hal ada gugatan perlawanan dan berwenang menunda eksekusi dalam hal ada permohonan peninjauan kembali hanya atas perintah Ketua Mahkamah Agung.
  9. Memerintahkan, memimpin, dan mengawasi eksekusi sesuai ketentuan yang berlaku.
  10. Menetapkan:
  • Pelaksanaan lelang.
  • Penggledahan
  • Register Ijin Penyitaan.
  • Register Barang Bukti
  • Register Permohonan Banding.
  • Register kasasi.
  • Register Peninjauan Kembali.
  • Register grasi.
  • Administrasi Keuangan Pidana yang meliputi:
  • Uang Bantuan Hukum.
  • Uang Jaminan Penangguhan Penahanan.

 

HAKIM - HAKIM PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas:

  1. Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanakan dan pengorganisasiannya.
  2. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan bidang-bidang tertentu yang telah ditentukan dan melaporkan kepada Pimpinan Pengadilan.
  3. Melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan administrasi dan tehnis yustisial.
  4. Menetapkan hari sidang.
  5. Menetapkan sita jaminan.
  6. Mengadakan pemeriksaan setempat.
  7. Mengemukakan pendapat dalam musyawarah Majelis.
  8. Menyiapkan konsep putusan secara lengkap untuk diucapkan.
  9. Menandatangani putusan yang sudah diucapkan dalam persidangan.
  10. Mempelajari dan mendiskusikan secara berkala keputusan / permasalahan hukum yang diterima dari Pengadilan Tinggi / Pengadilan Tinggi.
  11. Melaksanakan tugas sebagai Hakim Pengawas Bidang Kepegawaian dan Umum
  12. Melaksanakan tugas sebagai Hakim Pengawas Absen
  13. Melaksanakan tugas sebagai Anggota BAPERJAKAT.
  14. Melaksanakan tugas sebagai Hakim Pengawas Bidang Hukum
  15. Melaksanakan tugas sebagai Hakim Pengawas Bidang Pidana.
  16. Melaksanakan tugas sebagai Hakim Pengawas dan Pengamat (KIMWASMAT)
  17. Melaksanakan tugas sebagai HUMAS di Pengadilan Negeri Enrekang.\
  18. Melaksanakan tugas sebagai Hakim Pengawas Bidang Perdata.

Uraian Tugas Hakim Pengawas Dan Pengamat:

  1. Pemeriksaan dan penandatanganan Register Wasmat.
  2. Pemeriksaan kebenaran BA. Eksekusi putusan ke Rutan.
  3. Observasi kondisi pisik di Rutan.
  4. Wawancara dengan petugas Rutan tentang prilaku serta hasil pembangunan Napi.
  5. Wawancara dengan Napi tentang perlakuan terhadap dirinya, hubungan sesama Napi dan petugas Rutan.
  6. Hubungan Koordinatip dengan KA.RUTAN dan DPP serta kanwil dalam pemecahan masalah tata perlakuan terhadap Napi yang bersifat tehnis didalam maupun diluar Rutan.
  7. Memeriksa akurasi waktunya penyerahan terpidana oleh PU ke Rutan.
  8. Memeriksa pelaksanaan masa pidana oleh Kepala Rutan
  9. Memeriksa akan hak-hak Napi memperoleh asimilasi, remisi, cuti lepas bersyarat integrasi, dll

 

Panitera / SEKRETARIS PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas:

  1. Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, melaksanakannya serta pengorganisaiannya.
  2. Memimpin Kepaniteraan dan Kesekretariatan Pengadilan Negeri dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas bidang administrasi perkara dan administrasi umum.
  3. Menerbitkan SPM. Sebagai Kuasa Pengguna anggaran didasarkan pada alokasi  danayang tersedia dalam DIPA.
  4. Melaksanakan pembayaran tagihan atas beban Belanja Negara melalui SMP.LS yang disampaikam ke KPPN. Dengan dilengkapi bukti-bukti asli.
  5. Bertanggung jawab atas Manajemen berkas perkara putusan, dokumen, buku daftar, buku jurnal, buku register dan suira-surat / dokumen lainnya yang disimpan di Kepaniteraan.
  6. Bertanggung jawab dalam penyelenggaraan administrasi keuangan hal hal, keuangan rutin dan keuangan titipan pihak ketiga (Consinatie ).
  7. Mengatur pembagian tugas untuk Kantor Kepaniteraan, Kesekretariatan, Panitera Pengganti, Jurusita dan Jurusita Pengganti.
  8. Membuat salinan Putusan / Penetapan.
  9. Menanda tangani Salinan Putusan / Penetapan Pengadilan Negeri dan surat-surat lain yang menjadi wewenang sesuai dengan peraturan perundangundangan.
  10. Membuat dan menandatangani Akta:
    • Pernyataan Permohonan (Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali) dan Akta Pencabutan (Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali.
    • Mengirim berkas perkara yang dimohonkan Banding, kasasi dan Peninjauan Kembali dalam tenggang waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    • Melaksanakan Sita Jaminan, sita Eksekusi.
    • Melaksanakan isi Putusan yang dimohonlan eksekusi dan melaporkan pada Ketua Pengadilan Negeri Enrekang.
    • mendistribusikannya surat-surat yang telah didisposisi Ketua Pengadilan kepada Unit pelaksana.

  11. Menyampaikan saran dan pendapat kepada Pimpinan.
  12. Melaksanakan tugas sebagai Anggota BAPERJAKAT.
  13. Melaksanakan tugas sebagai Anggota Tim Pengawas Absen.\
  14. Menunjuk Panitera Pengganti untuk melaksanakan pesidangan secara bergantian.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Ketua.

Uraian Tugas Panitera Pengganti:

  1. Mencatat setiap data perkembangan perkara yang disidangkan pada agenda  (CourtCalender Panitera Pengganti).
  2. Membantu Hakim dalam persidangan dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  3. Membantu Hakim dalam hal:
    • Membantu penetapan hari sidang.
    • Membuat Berita Acara Persidangan yang harus selesai sebelum hari sidang berikutnya.
    • Mengetik Putusan / Penetapan.
  4. Melaporkan perkembangan pekara ke meja II (petugas register) setiap kali selesai sidang, untuk dicatat dalam register perkara hal-hal sebagai berikut :
    • Perubahan pada sidang dan alasannya.
    • Yang sudah diputus berikut amarnya.
  5. Menandatangani Berita Acara konferensi bersama-sama dengan hakim Ketua Majelis, serta asli Putusan / Penetapan.
  6. Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Hukum bila telah selesai diminutasi
  7. Melaksanakan tugas lain dibidang hal yang diberikan Panitera dan Panitera Muda.

 

 

 

WAKIL Panitera PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas:

  1. Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, melaksanakannya serta pengorganisaiannya.
  2. Melaksanakan delegasi wewenang Panitera.
  3. Membantu Panitera dalam penyelenggaraan administrasi perkara.
  4. Melaksanakan tugas Panitera jika Panitera berhalangan.
  5. Melaksanakan Sita Jaminan (CB) eksekusi putusan perkara yang diperintahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam jangka waktu yang ditentukan saat Panitera berhalangan.
  6. Membuat dan menandatangani Akta saat Panitera berhalangan.
    • Pernyataan Permohonan (Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali) dan Akta Pencabutan (Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali)
    • Pemberitahuan pernyataan permohonan Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali dan Pemberitahuan untuk Inzage.
    • Penerimaan memori, kontra memori: Banding, kasasi dan Peninjauan Kembali.enyampaian memori. Kontra memori: 
    • Banding, kasasi dan Peninjauan Kembali.
    • Pemberitahuan putusan Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh ketua.

Uraian Tugas Panitera Pengganti:

  1. Mencatat setiap data perkembangan perkara yang disidangkan pada agenda  (CourtCalender Panitera Pengganti).
  2. Membantu Hakim dalam persidangan dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  3. Membantu Hakim dalam hal:
    • Membantu penetapan hari sidang.Membuat Berita Acara Persidangan yang harus selesai sebelum hari sidang berikutnya.
    • Mengetik Putusan / Penetapan.
  4. Melaporkan perkembangan pekara ke meja II (petugas register) setiap kali selesai sidang, untuk dicatat dalam register perkara hal-hal sebagai berikut:
    • Perubahan pada sidang dan alasannya.
    • Yang sudah diputus berikut amarnya.
  5. Menandatangani Berita Acara konferensi bersama-sama dengan hakim Ketua Majelis, serta asli Putusan / Penetapan.
  6. Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Hukum bila telah selesai diminutasi
  7. Melaksanakan tugas lain dibidang hal yang diberikan Panitera dan Panitera Muda.

 

 

WAKIL SEKRETARIS PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas:

  1. Membantu tugas Panitera / Sekretaris dalam hal memimpin tugas pelaksanaan Kesekretariatan dilingkungan Pengadilan Negeri Enrekang.
  2. Memimpin pelaksanaan tugas sebagai Wakil Sekretaris / Kantor Pembuat Komitmen.
  3. Menggerakkan dan mengarahkan pelaksana kegiatan bawahan.
  4. Menetapkan sarana-sarana kegiatan Kesekretariatan setiap tahun kegiatan.
  5. Menyusun dan menjadwalkan rencana kegiatan.
  6. Membagi tugas kepada bawahan dan menetapkan penanggung jawab kegiatan Kesekretariatan.
  7. Mengkoordinasikan tugas-tugas Kepala Urusan Kepegawaian, Kepala Urusan Keuangan dan Kepala Urusan Umum.
  8. Menyiapkan konsep rumusan kebijaksanaan pimpinan / program kerja di bidang Kesekretariatan , Menanggapi dan memecahkan masalah yang muncul dibidang Kesekretariatan.
  9. Membuat DP. 3 untuk kantor Kesekretariatan.
  10. Membuat Notulen Rapat rutin 3 bulanan.
  11. Melayani Mahasiswa yang melakukan penelitian / PPL / PKL di Pengadilan Negeri Enrekang.
  12. Mengadakan konsultasi dengan atasan setiap saat dibutuhkan.
  13. Melaksanakan tugas khusus yang diberikan atasan.
  14. Mengevaluasai prestasi kerja bawahan di lingkungan Kesekretariatan.
  15. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Panitera / Sekretaris atau Ketua Pengadilan Negeri Enrekang.
  16. Melaksanakan tugas sebagai Anggota BAPERJAKAT.
  17. Melaksanakan tugas sebagai Anggota Tim Pengawas Absen.

 

 

KEPANITERAAN PERDATA PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas Panitera Muda Perdata:

  1. Membatu pimpinan dalam membuat program kerja tahunan, pelaksanaan dan pengorganisasian.
  2. Penanggung Jawab Pelaksanaan Tugas di Kepaniteraan Perdata yang meliputi:
    • Menerima pendaftaran perkara
    • Melaksanakan adminstrasi hal
    • Mengawasi pelaksanan tugas-tugas administrasi perkara
    • Menanggapi dan memecahkan masalah yang muncul di Kepaniteraan Perdata
    • Menerima permohonan kasasi dan Peninjauan Kembali
    • Menyerahkan kembali surat permohonan kepada calon pelamar.
    • Membuat Surat Kuasa Pembayaran (SKUM) dalam rangkap 3 (tiga) dan menyerahkan SKUM tersebut kepada pihak Penggugat atau Pemohon.
    • Menaksir biaya perkara yang kemudian dinyatakan dalam SKUM.
    • Menyerahkan kembali surat Permohonan kepada pihak Pemohon.
    • Memberikan penjelasan-penjelasan yang dianggap perlu berkenaan dengan perkara yang diajukan.
    • Melaporkan kegiatan tugas kepada Panitera.

Uraian Tugas di Kepaniteraan Perdata:

Meja Pertama (I ):

  1. Menerima Gugatan, Permohonan, Permohonan Banding, Permohonan Kasasi, Peninjauan Kembali dan Eksekusi dan Permohonan Somasi juga Permohonan
  2. Menerima Permohonan Turnamen yang merupakan Verset terhadap Putusan Verstek yang tidak terdaftar sebagai hal baru.
  3. Menerima Permohonan Turnamen oleh Pihak Ketiga (derden verset) yang terdaftar sebagai hal baru.
  4. Menerima panjer Biaya Perkara yang dituangkan dalam SKUM rangkap 3 (tiga).
  5. Menentukan besarnya Panjar Biaya Perkara dengan mempertimbangkan jarak dan kondisi daerah tempat tinggal para pihak yang selanjutnya diserahkan kepada Panitera untuk dikoordinasikan sekaligus mendapat Penetapan dari Ketua Pengadilan Negeri agar proses persidangan yang berhubungan dengan panggilan dan pemberitahuan dapat terselenggara dengan lancar.
  6. Menyerahkan Surat Permohonan, Gugatan, Permohonan Banding, Permohonan Kasasi, Permohonan Peninjauan Kembali, Permohonan Eksekusi dan Permohonan Somasi yang dilengkapi dengan SKUM kepada yang bersangkutan, agar membayar uang Panjar hal yang tercantum dalam SKUM kepada pemegang Kas Pengadilan Negeri.

Meja Kedua (II).

  1. Menerima dan mendaftar setiap hal yang masuk ke dalam Buku Register Induk Perkara Perdata sesuai nomor perkara yang tercantum dalam SKUM / surat gugatan dan permohonan.
  2. Pendaftaran perkara dilaksanakan setelah Panjar Biaya Perkara dibayarkan pada pemegang kas.
  3. Terhadap hal Verzet tidak terdaftar sebagai hal baru sedangkan hal Turnamen Pihak ketiga (derden verzet) terdaftar dalam hal baru.
  4. Pemberian nomor perkara dalam register sama dengan nomor perkara dalam Buku Jurnal.
  5. Mengisi Buku Register setiap kolom dengan tertib dan cermat berdasarkan jalannya solusi masalah.
  6. Melengkapi Berkas Hal dengan Formulir Penetapan Majelis Hakim dan disampaikan kepada Panitera untuk diserahkan kepada Ketua Pengadilan Negeri melalui Panitera.
  7. Menyerahkan Berkas Hal setelah ditetapkan Majelis Hakimnya dengan disertai Formulir Penetapan Hari Sidang kepada Majelis Hakim.
  8. Mencatat Penetapan hari sidang pertama, penundaan konferensi beserta alasannya berdasarkan laporan dari Panitera Pengganti ke dalam Buku Register Hal.
  9. Mencatat semua kegiatan hal yang berkenaan dengan hal Banding , Kasasi , Peninjauan Kembali dan Eksekusi ke dalam register Induk yang bersangkutan.

Uraian Tugas di Kepaniteraan Perdata:

  1. Mencatat register Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali.
  2. pemberkasan perkara yang Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali Consinatie.
  3. Melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan atasannya.

KAS.

  1. Kas merupakan bagian Meja Pertama.
  2. Menerima dan membukukan uang panjer biaya perkara sebagaimana dalam SKUM pada bulan jurnal keuangan perkara yang bersangkutan.
  3. Pencatatan Panjar Perkara pada jurnal terhadap hal tingkat pertama (Permohonan, Gugatan dan Somasi) nomor urut hal harus sama dengan nomor halaman buku jurnal.
  4. Nomor tersebut sesuai dengan nomor perkara pada SKUM dan lembar pertama Surat Gugatan dan Permohonan.
  5. Mencatat hal Banding, Kasasi, Peninjauan Kembali dan ekseskusi dalam SKUM dan Buku Jurnal menggunakan nomor perkara awal.
  6. Mengeluarkan biaya administrasi, hak-hak Kepaniteraan yang berupa pencatatan permohonan banding, Kasasi pada saat telah diterimanya Panjar Biaya Perkara.
  7. Mengeluarkan biaya materai dan redaksi pada saat perkara diputus.
  8. Menyerahkan uang hak-hak Kepaniteraan yang besarnya dicatat dalam kolom 19 KI-A9 seminggu sekali kepada bendaharawan penerima dengan dibubuhi tanggal dan tanda tangan dan nama bendaharawan penerima.
  9. Mencatat dengan tertib masing-masing Buku Jurnal baik Penerimaan maupun Produksi yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Peradilan seperti  ongkos-ongkos panggilan, pemberitahuan, pelaksanaan sita, pemeriksaan setempat, sumpah penerjemah dan eksekusi.
  10. Kasir mencatat setiap hari Penerimaan dan Pengeluaran dalam Buku jurnal yang bersangkutan dan Buku Kas Bantu yang dibuat dalam rangkap 2 (dua) yang masing-masing disimpan Kasir dan diserahkan kepada Panitera sebagai Laporan.

 

 

KEPANITERAAN PIDANA PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas Panitera Muda Pidana:

  1. Membatu pimpinan dalam membuat program kerja tahunan, pelaksanaan dan pengorganisasian.
  2. Penanggung Jawab Pelaksanaan Tugas di Kepaniteraan Pidana yang meliputi:
    • Meja Pertama
    • Meja Kedua.
    • Buku Register:
    • Register Induk Perkara Pidana Biasa
    • Register Induk Perkara Pidana Singkat.
    • Register Pidana Cepat
    • Register Hal Lalu Lintas
    • Register Penahanan
    • Register Ijin Penggledahan
    • Register Ijin Penyitaan.
    • Register Barang Bukti
    • Register Permohonan Banding.
    • Register kasasi.
    • Register Peninjauan Kembali.
    • Register grasi.
    • Administrasi Keuangan Pidana yang meliputi:

v  Uang Bantuan Hukum.

v  Uang Jaminan Penangguhan Penahanan.

Uraian Tugas di Kepaniteraan Pidana:

Meja Pertama (1).

  1. Menerima Berkas Perkara Pidana Biasa dan hal Singkat dari Kejaksaan Negeri dan Perkara Pidana Ringan (TIPIRING ) serta pelanggaran Lalu Lintas dari Kepolisian.
  2. Pendaftaran perkara pidana biasa dalam Buku register Induk, dilaksanakan dengan mencatat nomor perkara sesuai dengan urutan dalam buku register tersebut.
  3. Pendaftaran perkara pidana singkat dilaksanakan setelah Hakim menetapkan dalam konferensi bahwa hal tersebut akan diperiksa menurut acara pemeriksaan singkat, kemudian setelah hal tersebut diputus dicatat dalam buku Register Hal Singkat dan memberi Nomor sesuai dengan nomor urut dalam buku register tersebut.
  4. Pendaftaran Hal Tindak Pidana Ringan (TIPIRING) ke dalam buku register dilaksanakan setelah hal itu diputus oleh Pengadilan.
  5. Pendaftaran perkara pelanggaran lalu lintas dari Kepolisian setelah diputus oleh Hakim lalu dicatat dalam buku register, setelah selesai kemudian berkas perkara lalu lintas tersebut dikembalikan / dkirim ke Kejaksaan.
  6. Pengisian kolom-kolom buku register, baik hal biasa, singkat, tipiring dan lalu lintas ke dalam masing-masing register dilaksanakan secara tertib dan cermat, berdasarkan jalannya solusi masalah.
  7. Berkas perkara yang diterima, kemudian dengan dilengkapi formulir Penetapan Majelis Hakim disampaikan kepada Panitera Muda Pidana, Wakil Panitera serta Panitera Sekretaris selanjutnya untuk diserahkan kepada Ketua Pengadilan Negeri.

Meja Kedua (II).

  1. Menerima pernyataan Banding, Kasasi, Peninjauan Kembali dan grasi / Remisi.
  2. Menerima / memberikan tanda terima atas:
    • Memori Banding;
    • Kontra Memori banding;
    • Memori Kasasi;
    • Kontra memori Kasasi;
    • Alasan Peninjauan Kembali;
    • Jawaban / Tanggapan Peninjauan Kembali;
    • Permohonan grasi / Remisi;
  3. Penangguhan Pelaksanaan Putusan;
  4. Membuat akta permohonan berpikir untuk terdakwa dan Jaksa;
  5. Membuat akta tidak mengajukan permohonan banding;
  6. Menyiapkan dan menyerahkan salinan putusan Pengadilan apabila ada permintaan dari pihak yang bersangkutan;
  7. pemberkasan;

Uraian Tugas di Kepaniteraan Pidana:

  1. Mencatat Register Penahanan.
  2. Membuat Ijin Penggledahan memenuhi permintaan dari Penyidik ​​dan dicatat dalam register Penggledahan.
  3. Membuatan ijin penyitaan memenuhi permintaan dari penyidik ​​dan dicatat dalam register penyitaan.
  4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  5. Mencatat barang bukti ke dalam register barang bukti.
  6. Mencatat Register Pidana Lalu Lintas
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan
  8. Mencatat Register Induk Perkara Pidana Singkat.
  9. Mencatat Register Pidana Cepat
  10. Mencatat Register Induk Perkara Pidana Biasa

 

 

KEPANITERAAN HUKUM PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas Panitera Muda Hukum:

  1. Membantu pimpinan dalam membuat program kerja tahunan, pelaksanaan dan pengorganisasian.
  2. Penanggung Jawab Pelaksanaan Tugas di Kepaniteraan Hukum yang meliputi :
  3. Menyiapkan arsip perkara pada box-box arsip dan membuat kendali arsip sesuai ketentuan pelaporan :
    • Bulanan.
    • Catur Wulan
    • Semesteran
    • Tahunan
    • Statistik
  4. Legalisasi Badan Hukum
  5. Register Badan Hukum.
  6. Pencaftaran Surat Kuasa.
  7. Register Surat Kuasa.
  8. Register Pengaduan
  9. Tentang Kearsipam Hal pidana dan perdata
  10. Register Hal pidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.
  11. Bon pinjam arsip perkara pidana dan perdata.
  12. Pembuatan Grafik Statistik Perkara Perdata dan Pidana
  13. Agenda surat-surat masuk dan keluar.
  14. Petugas Informasi mengenai tata cara Pengaduan dan tindak lanjut penanganan pengaduan masyarakat
  15. Tugas-tugas lain yang ditentukan dalam buku II (Pedoman Pelaksanaan Tugas Administrasi Peradilan).

Uraian Tugas di Kepaniteraan Hukum:

  1. Legalisasi Badan Hukum
  2. Register Badan Hukum.
  3. Pencaftaran Surat Kuasa.
  4. Register Surat Kuasa.
  5. Tugas-tugas lain yang ditentukan dalam buku II (Pedoman Pelaksanaan Tugas Administrasi Peradilan)
  6. Petugas Dokumentasi putusan maupun Penetapan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Uraian Tugas Staf Kepaniteraan Hukum:

  1. Mencatat Register Pengaduan.
  2. Tentang Kearsipan Hal pidana dan perdata
  3. Register Hal pidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.
  4. Bon pinjam arsip perkara pidana dan perdata.
  5. Pembuatan Grafik Statistik Perkara Perdata dan Pidana
  6. Tugas-tugas lain yang ditentukan dalam buku II (Pedoman Pelaksanaan Tugas Administrasi Peradilan)

Uraian Tugas Staf Kepaniteraan Hukum:

  1. Agenda surat-surat masuk dan keluar.
  2. Pelaporan:
    • Bulanan.
    • Catur Wulan
    • Semesteran
    • Tahunan
    • Petugas Informasi Biaya Perkara, biaya-biaya Kepaniteraan dan lain-lain yang dikelola Kepaniteraan.
  3. Tugas-tugas lain yang ditentukan dalam buku II (Pedoman Pelaksanaan Tugas Administrasi Peradilan)

 

 

Panitera Pengganti PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas Panitera Pengganti.

  1. Mencatat setiap data perkembangan perkara yang disidangkan pada agenda (CourtCalender Panitera Pengganti).
  2. Membantu Hakim dalam persidangan dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  3. Membantu Hakim dalam hal :
    • Membantu penetapan hari sidang.
    • Membuat Berita Acara Persidangan yang harus selesai sebelum hari sidang berikutnya.
    • Mengetik Putusan / Penetapan.
  4. Melaporkan perkembangan pekara ke meja II (petugas register) setiap kali selesai sidang, untuk dicatat dalam register perkara hal-hal sebagai berikut :
    • Perubahan pada sidang dan alasannya.
    • Yang sudah diputus berikut amarnya.
  5. Menandatangani Berita Acara konferensi bersama-sama dengan hakim Ketua Majelis, serta asli Putusan / Penetapan.
  6. Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Hukum bila telah selesai diminutasi.
  7. Melaksanakan tugas lain dibidang hal yang diberikan Panitera dan Panitera Muda.

 

 

Juru SITA / juru SITA PENGGANTI PENGADILAN NEGERI

Uraian Tugas Jurusita:

  1. Melakukan semua perintah Pemanggilan / Pemberitahuan yang diberikan oleh Ketua Majelis Hakim menurut cara-cara berdasarkan ketentuan Undang-undang.
  2. Melakukan sita jaminan (CB) sita eksekusi, eksekusi dan pengangkatan sita atas perintah Ketua Majelis / Ketua Pengadilan Negeri Enrekang.
  3. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 

URUSAN kepegawaian

Uraian Tugas Kaur Kepegawaian:

  1. Membatu pimpinan dalam membuat program kerja tahunan, pelaksanaan dan pengorganisasian.
  2. Bertanggung Jawab atas penyelenggaraan administrasi pada urusan Kepegawaian yang meliputi :
    • Menerima, mencatat, mengelola, menyalurkan dan menyelesaikan surat-rurat masuk / keluar di urusan Kepegawaian.
    • Menyelenggarakan Tata Usaha Kepegawaian yang meliputi:
    • Buku Induk Pegawai:
    • Mencatat perubahan pangkat, gaji dan impasing pada buku Induk Pegawai.
    • File Kepegawaian:
    • Meneliti / memeriksa / melengkapi file kepegawaian.
    • Menyusun file Kepegawaian perorangan sesuai dengan urutan Nomor Induk Pegawai.
    • Menyiapkan dan mengirim file Kepegawaian bagi Hakim dan Karyawan yang mutasi.
    • Kartu Pegawai:
    • Mengusulkan Kartu Pegawai ke PT. Makassar.
    • Kartu Istri / Suami:
    • Mengusulkan Kartu Istri / Suami ke PT. Makassar.
  3. Mengatur Kepangkatan, penggajian, cuti dan Departemen:

a.        Membuat dan mengirimkan Daftar nominatif rencana Kenaikan Pangkat dikirim ke Pengadilan Tinggi Makassar.

b.       Membuat usulan Kenaikan Pangkat, penyesuaian ijasah, membuat usulan CPNS menjadi PNS.

c.        Membuat surat keterangan kenaikan gaji berkala.

d.       Membuat usulan pengangkatan pegawai dalam suatu jabatan, baik jabatan Struktural maupun Fungsional.

e.       Menerbitkan surat izin cuti atas permohonan izin cuti pegawai.

f.         Membuat Surat Pernyataan Menduduki Jabatan dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas dan Surat Pernyataan Pelantikan.

4.    Membuat usulan pemberhentian pegawai karena mencapai batas usia pensiun, atas permintaan sendiri maupun tidak atas permintaan sendiri.

5.    Meningkatkan kualitas SDM / pengembangan karier pegawai melalui:

·       Mengusulkan peserta tes dinas .

·       Mengusulkan calon peserta Diklat.

6.    Membuat laporan bagian kepegawaian yang meliputi:

·         Laporan bulanan berkolom yang dirangkum Wakil Sekretaris

·         Membuat Laporan Rutin Bulanan yang meliputi:

·         Rekap Daftar Hadir dan Pulang Pegawai.

·         Daftar Kondisi Pegawai.

·         Daftar Isian Pegawai.

·         Rekapitulasi Jumlah Pegawai.

Semuanya di kirim ke Pengadilan Tinggi Makassar.

·        Membuat laporan Triwulan pada kondisi Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Panitera / Sekretaris dibuat pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober dikirim ke Biro Kepegawaian MARI., tembusan ke Pengadilan Tinggi    Makassar.

·        Membuat Daftar Kondisi Tenaga tehnis pada setiap bulan Januari, Maret , September dan Desember dikirim ke Pengadilan Tinggi Makassar dan tembusan ke Sekretaris MARI dan Dirjen. Badan Peradilan

          Umum MARI.

·       Membuat Bezzetting Hakim dan Bezzetting Pegawai di kirim ke Dirjen.Badan Peradilan Umum MARI.

·       Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pada tiap bulan Desember dan dikirim ke Pengadilan Tinggi Makassar.

·       Membuat Surat Pernyataan Menduduki Jabatan Struktural maupun Fungsional dan membuat KP.4 seluruh pegawai dilakukan pada bulan Desember dikirim ke KPPN

7.    Membuat Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP.3) untuk Wakil Ketua, Hakim, Panitera / Sekretaris dan seluruh Pegawai pada bulan Desember dan menyiapkan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP.3) untuk

        Ketua Pengadilan Negeri Enrekang memenuhi permintaan dari Pengadilan Tinggi Makassar.

8.    Membuat Surat Keputusan / Penetapan antara Lain:

·         Surat Keputusan Hakim Pengawas Bidang pada Pengadilan Negeri Enrekang.

·         Surat Penetapan Pembentukan Majelis Hakim pada Pengadilan Negeri Enrekang

·         Surat Keputusan Hakim Pengawas dan Pengamat pada Pengadilan Negeri Enrekang

·         Surat Keputusan tentang Pembagian Tugas antara Ketua dan Wakil Ketua di Pengadilan Negeri Enrekang

9.    Membuat Surat Keputusan Pengelola Keuangan antara lain:

·       Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran / Pengguna Barang / Kantor Pembuatan Komitmen pada Pengadilan Negeri Enrekang

·       Surat Keputusan Penunjukan, Kantor Penguji Tagihan / SPM, Bendahara Pengeluaran, pada Pengadilan Negeri Enrekang.

·       Surat Ke menunjuk Petugas Pengelola Administrasi Belanja Pegawai

·       Surat Keputusan Tenaga Honorer di Pengadilan Negeri Enrekang, terdiri dari 6 (enam) tenaga honorer .

10.    Melaksanakan tugas sebagai Sekretaris BAPERJAKAT.

11.    Melaksanakan tugas sebagai Anggota Tim Pengawas Absen.

12.    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan / diperintah oleh atasan.

Uraian Tugas Saf Urusan Kepegawaian:

  1. Mengatur Kepangkatan, penggajian, cuti dan Departemen :
    • Membuat dan mengirimkan Daftar nominatif rencana Kenaikan Pangkat dikirim ke Pengadilan Tinggi Makassar.
    • Membuat usulan Kenaikan Pangkat, penyesuaian ijasah, pembuat usulan CPNS menjadi PNS.
    • Membuat surat keterangan kenaikan gaji berkala.
    • Membuat usulan pengangkatan pegawai dalam suatu jabatan, baik jabatan Struktural maupun Fungsional.
    • Menerbitkan surat izin cuti atas permohonan izin cuti pegawai.
    • Membuat Surat Pernyataan Menduduki Jabatan dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas dan Surat Pernyataan Pelantikan.
  2. Membuat usulan pemberhentian pegawai karena mencapai batas usia pensiun, atas permintaan sendiri maupun tidak atas permintaan sendiri.
  3. Meningkatkan kualitas SDM / pengembangan karier pegawai melalui :
    • Mengusulkan peserta tes dinas .
    • Mengusulkan calon peserta Diklat.
  4. Petugas daftar hadir, pulang Pegawai dan membuat Rekapan dan laporan Daftar Hadir dan Pulang Pegawai di kirim ke Pengadilan Tinggi Makassar.
  5. Membuat Surat Pernyataan Menduduki Jabatan Struktural maupun Fungsional dan membuat KP.4 seluruh pegawai dilakukan pada bulan Desember dikirim ke KPPN.

 

Uraian Tugas Staf Urusan Kepegawaian:

  1. Membuat laporan bagian kepegawaian yang meliputi:
    • Membuat Laporan Rutin Bulanan yang meliputi:
    • Daftar Kondisi Pegawai.
    • Daftar Isian Pegawai.
    • Rekapitulasi Jumlah Pegawai.
  2. Semuanya di kirim ke Pengadilan Tinggi Makassar 
    • Membuat laporan Triwulan pada kondisi Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Panitera / Sekretaris dibuat pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober dikirim ke Biro Kepegawaian MARI., tembusan ke Pengadilan Tinggi Makassar.
    • Membuat Daftar Kondisi Tenaga tehnis pada setiap bulan Januari, Maret, September dan Desember dikirim ke Pengadilan Tinggi Makassar dan tembusan ke Sekretaris MARI dan Dirjen. Badan Peradilan Umum MARI.
    • Membuat Bezzetting Hakim dan Bezzetting Pegawai di kirim ke Dirjen. Badan Peradilan Umum MARI.
    • Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pada tiap bulan Desember dan dikirim ke Pengadilan Tinggi Makassar.
  3. Operator SAPK (Sistim Aplikasi Pelayanana Kepegawaian)
  4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan / diperintah oleh atasan.

 

 

TRANSAKSI KEUANGAN

Uraian Tugas Kaur Keuangan:

  1. Memimpin pelaksanaan tugas Urusan Keuangan
  2. Menguji SPP dan menandatangani SPM
  3. Membuat SKPP untuk pegawai yang mengalami pindah tugas dan purna tugas
  4. Membuat laporan bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan SAKPA
  5. Membuat laporan realisasi anggaran (LRA) bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan
  6. Membuat laporan lakip triwulan I, II, III, IV
  7. Memberikan penilaian DP3 kepada bawahannya
  8. Membuat rencana kerja penggunaan anggaran untuk satu tahun
  9. Membuat laporan semesteran I dan II Calk (Catatan Laporan Keuangan)
  10. Menyusun dan mengusulkan RKA-KL, untuk tahun selanjutnya
  11. Membantu Wakil Sekretaris dalam membuat program kerja dibidang Kesekretariatan
  12. Melaksanakan tugas saat ada panggilan progran Aplikasi
  13. Membantu kepada Bendahara Penerima dan Bendahara Pengeluaran apabila ada kendala

Uraian Tugas Bendahara:

  1. Menerima DIPA tahun berjalan dari Menteri Keuangan
  2. Membuat pengajuan Uang Persediaan (UP) ke KPPN setempat
  3. Membuat Surat Permintan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM)
  4. Mengambilan uang di Bank apabila ada SP2D yang teralisasi dari KPPN setempat
  5. Membukukan segala pengeluaran dan penerimaan kedalam Buku Kas Umum secara teliti
  6. Membuat pengajuan Ganti Uang (GU) ke KPPN setempat
  7. Menyetorkan pajak-pajak dari rekanan ke kantor pajak melalui Bank lokal
  8. Membagikan uang kepada pejabat yang berhak menerimanya
  9. Membuat kwitansi-kwitansi pembelian dan dicap oleh rekanan
  10. Melakukan penyimpanan uang yang harus dipertanggung jawabkan dalam brangkas
  11. Melakukan pembayaran kepada rekanan apabilan telah belanja barang
  12. Membukukan pajak-pajak kedalam buku pajak
  13. Membukukan kedalam buku Bank setelah ada SP2D yang terealisasi
  14. Melakukan pemeriksaan buku kas umum setiap triwulan
  15. Melakukan penutupan buku kas umum setiap akhir bulan
  16. Menyimpan dokumen-dokumen penting terkait dengan produksi anggaran

Uraian Tugas Bendahara Pengeluaran:

  1. Memasang gaji baru saat ada Impasing, KGB, dan naik pangkat
  2. Membuat Gaji susulan apabila ada pegawai pindahan yang terlambat gaji
  3. Membukukan ke buku pengawasan gaji setiap pegawai
  4. Membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP) belanja pegawai
  5. Menerima uang PNBP dari masing-masing Kepaniteraan, Hukum, Pidana, Perdata
  6. Membukukan ke buku kas umum semua PNBP dengan teliti dan benar
  7. Membuat laporan PNBP, bulanan, triwulanan
  8. Membantu keuangan setiap tanggal 1 untuk membagikan gaji kepada pegawai

 

Uraian Tugas Operator Komputer pada urusan Keuangan:

  1. Petugas Pengelola Administrasi Belanja Pegawai (PPABP)
  2. Membuat gaji susulan apabila ada pegawai pindahan yang terlambat gaji
  3. Register buku pembantu pengawasan kredit
  4. Membuat laporan keuangan
  5. Operator Aplikasi AFS.

 

 

URUSAN UMUM

Uraian Tugas Kaur Umum :

  • Membatu pimpinan dalam membuat program kerja tahunan, pelaksanaan dan pengorganisasian.
  • Bertanggung Jawab atas penyelenggaraan administrasi pada Urusan Umum yang meliputi:
    • Surat menyurat (surat masuk / surat keluar sampai dengan pendistribusian dan pengarsipan.
    • Urusan Inventarisasi Barang BMN / Simak BMN sampai dengan Aplikasi dan Pelaporannya.
    • Urusan Perpustakaan dan Administrasi Perpustakaan,
    • Urusan Rumah Tangga Kantor kedalam / out.

Uraian Tugas Petugas Perpustakaan pada Urusan Umum:

  1. Menangani perpustakaan, meregister buku- buku, memberi label buku, mencatat peminjaman buku, menyimpan dan membuat katalog.
  2. Membantu tugas rumah tangga umum kantor .

 

Uraian Tugas Staf Urusan Umum :

  1. Menangani Inventaris kantor barang milik negara (BMN ), mencatat, membukukan dan menyimpan / menempatkan BMN.
  2. Menangani Aplikasi BMN / SIMAK BMN.
  3. Mengerjakan laporan-laporan BMN / SIMAK BMN / Barang persediaan (KIB, DBR, DIL, Semester I, Semester II, Tahun dan Persediaan) Mengerjakan Labul bagian umum.
  4. Membantu Menangani surat-surat masuk, meminta disposisi, mendistribusikan sampai dengan pengarsipan surat dan lembar disposisinya.
  5. Operator Internet.
  6. Menangani surat-surat masuk, meminta disposisi, mendistribusikan sampai dengan pengarsipan surat dan lembar disposisinya.
  7. Membantu tugas bagian umum yang lain.


 

 

 

 

 





  

Last Updated (Wednesday, 19 September 2012 13:00)